Hotline Pengaduan Kode Etik ASN : 085221929826
18 Jun 2024

Purwakarta Meraih Nilai I P - A S N Tertinggi Pada Listing Per Tanggal 16 Juni 2023

Purwakarta Meraih Nilai I P - A S N Tertinggi Pada Listing Per Tanggal 16 Juni 2023

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Apartur Sipil Negara, profesionalitas merupakan salah satu asas dalam penyelenggaraan kebijakan dan manajemen Apartur Sipil Negara (ASN) serta kunci keberhasilan ASN dalam melaksanakan fungsinya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2018 tentang Indeks Profesionalitas ASN dan Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman Tata Cara dan Pelaksanaan Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN, untuk mengetahui tingkat profesionalitas ASN harus diukur dengan menggunakan kriteria tertentu yaitu kualifikasi, kompetensi, tingkat kinerja, dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas jabatannya. Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN adalah potret tingkat profesionalitas ASN pada Instansi Pemerintah dan ASN itu sendiri serta sebagai dasar pemetaan pengembangan kompetensi ASN.

Dalam pengukuran tingkat profesionalitas ASN dibagi dalam lima kategori yaitu:

  • Sangat Tinggi yang memiliki rentang nilai antara 91– 100;
  • Tinggi yang memiliki rentang nilai antara 81–90;
  • Sedang yang memiliki rentang nilai antara 71–80;
  • Rendah yang memiliki rentang nilai antara 61–70;
  • Sangat Rendah yang memiliki rentang nilai 60 ke bawah.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam hal ini Kantor Regional III BKN Bandung melakukan evaluasi dan membuat listing nilai Indeks Profesionalitas ASN secara periodik untuk instansi-instansi yang berada dalam wilayah kerjanya. Sejak dicanangkan pengukuran Indeks Profesionalitas ASN, Kabupaten Purwakarta yang berada dalam lingkup wilayah kerja Kantor Regional III BKN terus memacu peningkatan kualifikasi, kompetensi, tingkat kinerja, dan kedisiplinan ASN. Selanjutnya berdasarkan listing nilai Indeks Profesionalitas ASN periode tanggal 16 Juni 2023, untuk sementara Kabupaten Purwakarta berhasil menempati urutan pertama untuk instansi di wilayah kerja Kantor Regional III BKN Bandung dengan capaian nilai 87,00 atau termasuk dalam kategori tinggi.

Untuk itu atas nama pimpinan dan seluruh jajaran BKPSDM Kabupaten Purwakarta mengucapkan terima kasih kepada Bupati Purwakarta Ibu ANNE RATNA MUSTIKA atas dukungan serta kepeduliannya pada peningkatan profesionalitas ASN dan juga kepada seluruh aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta atas dedikasi dan kontribusi terbaiknya untuk Kabupaten Purwakarta. Semoga capaian keberhasilan ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan tidak hanya dalam lingkup kewilayahan, namun juga dalam skala nasional.

 

[admin]